JENIS-JENIS BATIK DI YOGYAKARTA

JENIS-JENIS BATIK DI YOGYAKARTA

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan utama setelah makanan. Banyak orang menggunakan pakaian yang sesuai dengan style yang mereka gunakan. Kita tentu saja memiliki selera fashion yang berbeda-beda. Namun kita juga tahu banyak jenis pakaian menjadikan kita menjadi lebih mudah untuk memilih pakaian yang kita inginkan. Itulah sebabnya kita bisa dengan mudah mencari pakaian yang sesuai dan cocok dengan fashion kita. Tak hanya itu saja, pada setiap pakaian memiliki bahan, model dan bentuk yang berbeda-beda. Tentu saja kita akan memilih yang unik dan menarik. Sehingga kita bisa menjadikannya sebagai fashion style. Setiap orang pastinya ingin memiliki pakaian yang berkualitas dan juga awet. Nah, kebanyakan pakaian tersebut adalah pakaian yang berasal dari brand-brand ternama. Namun banyak juga pakaian yang berkualitas tinggi walaupun memiliki harga yang tidak mahal.

Beberapa Jenis Batik Di Yogyakarta Yang Kita Harus Ketahui

Batik merupakan kain yang memiliki gambar dengan dibuat secara khusus menggunakan proses yang lama. Gambar pada kain batik tersebut terbuat dari tinta dan dibuat menggunakan alat canting. Batik adalah pakaian yang berasal dari negara kita yaitu pertama kali dibuat di daerah Yogyakarta. Kota ini tentu saja banyak menyimpan sejuta kenangan bagi para wisatawan karena masih kental dengan budaya dan adatnya. Tidak hanya itu, batik di Yogyakarta ini memiliki beragam jenis. nah, inilah beberapa jenis batik Yogyakarta:

  • Batik Ciptoning

Jenis batik ini memiliki motif yang biasanya dipakai oleh orang-orang ketika menghadiri undangan. Batik ini memiliki unsur gurdo, wayang dan juga parang yang digunakan sebagai simbol kebijaksanaan. Tujuan dibuatnya motif batik ini adalah untuk membawa kesan berwibawa, sopan dan juga memiliki tata krama yang baik. 

  • Batik Pamiluto

Jenis batik ini biasanya dipakai pada saat acara pertunangan yang memiliki simbol sebagai perekat. Unsur motif pada jenis batik ini adalah truntum, parang, ceplok dan lain-lain. Batik ini banyak memberikan makna dari motifnya yaitu sebagai pengikat antara calon pengantin agar bisa berhubungan dengan baik ketika menikah nantinya. 

  • Batik Wahyu Tumurun

Jenis batik ini merupakan batik klasik yang membutuhkan waktu 40 hari untuk membuatnya. Jenis batik ini memiliki makna yang filosofis dan sejarah mendalam. Batik ini memiliki ornamen yang indah dan memiliki motif berupa mahkota terbang. Motif tersebut memiliki makna seperti sepasang ayam atau burung. Jenis batik ini juga memiliki motif bunga yang bertebaran, bersemi dan juga motif ukel. 

  • Batik Parang Rusak Barong

Jenis batik ini adalah batik yang paling sering digunakan oleh masyarakat Yogyakarta. Sebab kita pastinya sudah tidak asing lagi dengan motifnya. Motif batik ini memiliki makna yang sangat sakral jadi batik ini digunakan sebagai acara penting atau acara adat. Batik ini juga tidak boleh dipakai pada saat acara pernikahan karena dapat memberikan dampak buruk kepada sang pengantin. Makna dari batik ini menggambarkan kekuasaan dan juga senjata. 

  • Batik Kawung

Jenis batik ini tidak sembarang dipakai oleh siapa saja. Biasanya batik ini digunakan oleh orang-orang di kerajaan. Biasanya motif batik ini dibuat dengan gambar yang berbentuk lonjong menyilang dan mempunyai jumlah empat buah. Batik tersebut tentu saja memiliki makna yang terkandung yaitu keadilan dan keperkasaan. Yang juga menceritakan seorang raja yang dapat melindungi rakyatnya. 

Nah, itulah beberapa jenis batik Yogyakarta yang harus kita ketahui. Tentu saja kita harus mengetahuinya dan juga melestarikan kebudayaan adat nusantara.

Published

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *