MENGHILANGKAN STRES DENGAN MUDAH

Stres merupakan reaksi dari tubuh yang biasanya datang ketika seseorang mendapatkan suatu tekanan, ancaman atau perubahan. Stres juga bisa datang ketika seseorang merasa putus asa, marah, atau terlalu bersemangat. Hal itu dikarenakan situasi tersebut memicu respon tubuh. Baik dari segi fisik maupun mental. Stres bisa dialami seseorang dari berbagai kalangan. Dari mulai anak- anak, remaja, orang dewasa, maupun orang yang sudah lanjut usia. Gejala stress yaitu meliputi perasaan mudah gelisah, frustrasi, mudah marah, murung, sulit berkonsentrasi dan hilang nafsu makan. Menurut pengalaman, stress sering terjadi ketika seseorang merasa kewalahan akibat banyaknya tekanan. Yang datang dari luar dan dalam diri seseorang yang berlangsung lama. Setiap orang mempunyai mekanisme yang berbeda-beda  dalam menghadapi stress.  Ada yang mendorong ntuk lebih bersemangat, tetapi ada juga yang justru mematahkan semangat.

Tips-Tips Efektif Untuk Menghilangkan Stress

Stress yang tidak langsung ditangani lama-kelamaan bisa berubah menjadi depresi. Jika seseorang sudah mengalami depresi bukan hanya suasana hati saja yang buruk. Kebiasaan orang yang mengalami ini dapat merasa dunianya akan berakhir dan cenderung mengurung diri dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Tidak hanya itu stress yang berkelanjutan juga dapat memicu penyakit yang berbahaya. Kondisi stress akan memicu reaksi seperti tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit, dan nafas akan menjadi lebih cepat. System kekebalan seseorang akan menipis sehingga tubuh akan sulit untuk melawan datangnya penyakit. Mengerikan bukan? Maka dari itu kita harus bisa mengontrol diri kita agar tidak mengalami stress. Tetapi jika anda sudah mengalami gejala-gejala stress anda harus segera mencegahnya. Bagaimana cara melawan stress yang praktis, mudah dan efektif? Mari kita simak tips-tips di bawah ini:

  1. Mengetahui penyebab stress

Langkah yang paling awal harus anda lakukan adalah mengetahui apa yang menyebabkan stress bisa datang. Hal ini hanya anda sendiri yang bisa mengetahuinya

  1. Relaksasi

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan relaksasi pada tubuh dan pikiran anda. Hal ini akan membuat anda lebih merasa tenang dan mengurangi kegelisahan anda.

  1. Meditasi

Meditasi juga dapat membantu anda menenangkan pikiran. Olahraga seperti yoga bisa mengajarkan bagaimana cara bermeditasi.

  1. Sharing

Masalah yang dipendam akan menyebabkan tekanan pikiran dan tekanan mental. Hal ini akan membuat anda stress. Maka dari itu akan lebih baik jika anda sedang ada masalah anda berbagi cerita dengan orang yang anda bisa percayai. Dengan ini anda akan merasa lebih lega dan beban anda akan sedikit terangkat.

  1. Refreshing

Jika penyebab stress anda adalah karena memikirkan pekerjaan yang tak kunjung clear. Atau memikirkan tugas -tugas anda yang belum terselesaikan. Maka salah satu cara yang efektif adalah dengan refreshing di alam terbuka. Seperti di pantai, pegunungan, sungai atau persawahan. Karena disana anda bisa menjernihkan kembali pikiran anda.

  1. Olahraga

Selain membuat tubuh anda semakin sehat, olahraga juga bisa meredakan stress. Salah satu olahraga yang paling mudah adalah berjalan kaki atau bersepeda mengelilingi kompleks rumah anda. Hal ini akan lebih baik di lakukan ketika masih pagi. Sehingga juga bisa menghirup udara yang masih fresh.

  1. Lakukan hal positif yang anda sukai

Anda bisa melakukan positif hal yang anda sukai. Misalnya jalan-jalan, karaoke, nonton bioskop atau pergi ke taman hiburan. Anda bisa melakukan hal-hal yang bisa membuat anda merasa rileks.

Itulah beberapa mudah tips yang bisa anda gunakan jika anda sedang mengalami stress. Dengan mengetahui cara menghilangkan stress tersebut anda bisa mengontrol diri anda agar stres tidak menjadi hal yang berbahaya untuk anda maupun orang di sekitar anda. Terapkan pola hidup sehat seperti makan makanan yang teratur dan sehat. Dan juga jangan lupa untuk mengatur waktu agar aktivitasmu tidak padat.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close