TIPS ALAMI UNTUK MEREDAKAN NYERI KETIKA HAID 

TIPS ALAMI UNTUK MEREDAKAN NYERI KETIKA HAID 

Haid atau menstruasi merupakan siklus alami pada perempuan yang terjadi setiap satu bulan sekali. Ketika sedang menstruasi seringkali timbul rasa tidak nyaman pada bagian-bagian tubuh. Misalnya perut, pinggang, persendian, dan lain-lain. Hal itu pasti akan sangat mengganggu bahkan dapat menghambat aktivitas kita sehari-hari. Rasa tidak nyaman atau sakit biasanya sering terjadi bahkan dari beberapa saat sebelum menstruasi. Hal itu disebabkan oleh otot-otot rahim yang mengalami kontraksi. Karena ketika menstruasi otot-otot tersebut membantu untuk melepas lapisan pembuluh darah yang telah menumpuk. Nah, karena itulah biasanya kita sering merasakan kram pada bagian perut. Dimana itulah tanda otot pada rahim yang sedang bekerja. Tak sedikit juga perempuan yang merasakan kram disertai dengan pusing, mual, ataupun diare. Tentu akan sangat menyita tenaga dan aktivitas menjadi terhambat.

Lakukan Cara Ini Untuk Cepat Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi nyeri haid ini. Misalnya seperti minum obat pereda nyeri menstruasi ataupun parasetamol. Hal itu terbilang cukup bekerja dengan baik untuk menghilangkan nyeri ketika haid. Namun, jika kita selalu mengkonsumsinya setiap bulan selagi menstruasi akan berpengaruh kurang baik. Yang mana tentu akan menjadikan sistem tubuh menjadi ketergantungan kepada obat-obatan kimia seperti itu. Ada alternatif lain yang bisa dilakukan dan tidak memiliki efek samping layaknya obat-obatan kimia. Yaitu kita dapat meredakan nyeri haid dengan melakukan cara-cara alami. Dimana tips ini juga cocok untuk orang-orang yang tidak suka mengonsumsi obat. Tak perlu lagi khawatir, dimana banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan nyeri ketika haid atau menstruasi. Apa saja? Berikut ini diantaranya :

  • Menghindari minuman berkafein

Ketika datang waktu haid kita harus menghindari minuman-minuman yang mengandung kafein, gula, dan juga alkohol. Dimana kandungan dalam minuman seperti itu dapat menyebabkan rasa nyeri menjadi lebih parah. Harus selalu diperhatikan untuk menghindari minuman misalnya seperti teh dan kopi. 

  • Kompres 

Kemudian, cara yang mudah berikutnya yaitu kita dapat mengompres perut bagian bawah menggunakan air hangat. Dimana rasa hangat dapat membantu meredakan nyeri dengan efektif. Begitupun sebaliknya, kita juga dapat melakukan kompres dengan air dingin atau es batu yang diselimuti kain. Ketika melakukan kompres air dingin juga harus kita perhatikan. Dimana tidak boleh lebih dari 30 menit. Karena jika terlalu lama dapat merusak jaringan pada kulit kita. 

  • Memijat 

Kemudian, cara berikutnya yaitu dengan pijatan. Memijat pada bagian perut dengan perlahan menggunakan ujung-ujung jari. Kita dapat menggunakan krim atau minyak agar terasa lebih hangat dan nyaman. Sekaligus dapat memberikan aroma terapi yang akan meringankan nyeri dan kita juga akan merasa rileks. 

  • Minum banyak air putih

Peran yang sangat penting ketika seseorang tetap sehat ataupun ketika sakit adalah air putih. Dimana air putih memang sangat penting untuk menjaga kesehatan manusia. Selain itu, dengan meminum banyak air putih dapat mendetoksifikasi tubuh kita dari virus atau gangguan kesehatan yang lain. Jadi, tak heran jika banyak kasus seseorang terserang sebuah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya minum air putih. Sehingga ketika datang nyeri haid kita harus memperbanyak minum air putih. 

  • Mengonsumsi kunyit

Kunyit mengandung bahan kimia alami seperti kurkumin yang dapat membantu meredakan nyeri ketika menstruasi. Kita dapat mengolahnya menjadi jamu atau ramuan berbahan dasar kunyit. Namun, kita harus mengonsumsi minuman ini secara tepat dan tidak berlebihan.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close